Selasa, 28 Mei 2013

Penangkaran Gelatik Batu/Wingko/Great Tit

Gelatik muda, dikira cewek, ternyata cowok,
Gelatik batu/wingko/great tit merupakan burung yang mempunyai kicauan yang indah dan enak didengar. Pada era tahun 90an, gelatik liar masih banyak berkeliaran disekitar rumah saya, di Salatiga tepatnya. Setiap pagi, sekelompok gelatik, sirtu, pleci, kolibri, berkeliaran di pohon disekitar rumah saya dan menyanyikan kicauannya yang indah.Namun pada tahun tahun belakangan ini karena maraknya lomba burung gelatik, maka populasi di alam liar semakin menyusut, sudah tidak ada kicauan burung gelatik disekitar rumah saya.

Setelah membaca sebuah artikel di Om Kicau, saya mencoba untuk menangkarkan burung gelatik. Saya mulai hunting indukan gelatik yang murah tapi berkualitas, berbekal uang 200.000, saya dapatkan sepasang gelatik jantan berharga 120.000, dan betina 70.000. Karena dirumah ada kandang permanen bekas ternakan cucak hijau maka saya masukkan sepasang indukan ke dalam kandang penangkaran tanpa proses penjodohan sama sekali. Itu juga coba coba karena menurut orang jaman dahulu, gelatik sangat mudah beranak pinak, seorang tetangga mengatakan dulu sering memasang kelapa yang dibelah jadi dua di beri lubang, kemudian disatukan kembali dan ditaruh di pohon waru. Dua minggu kemudian pasti udah ada anaknya,, Wow..
Kandang gelatik, di belakan yang sebelah kanan. cukup jauh dari gangguan manusia/hewan.
Kandang Penangkaran
Berbekal artikel yang saya baca, maka saya memutuskan untuk mencoba menangkarkan gelatik. Kandang yang saya pakai berukuran 90x90x180cm dengan kawat ram sebagai dindingnya.
Saat ini sudah seminggu gelatik sepasang itu berada di kandang dan sudah kelihatan rukun.
Seperti yang di bahas dalam Om Kicau, saya mengikuti langkah2 yang dianjurkan seperti manajemen pakan:
Full ulat hongkong dan ulat kandang, bak mandi, dan voer memakai SKM.
Saya juga berpendapat dengan pemberian full ulat hongkong akan mempercepat birahi kedua burung yang berakhir dengan matting dan bertelur serta beranak pinak... semoga berhasil amin.

Sexing gelatik, Betina dewas vs Jantan muda
Yang susah adalah menentukan jantan muda dan betina dewasa gelatik wingko, karena hitamnya sama sama sampai perut. Saya juga keliru dalam membeli, saya kira gelatik betina, ternyata jantan muda.
Jadi menurut saya, untuk memastikan gelatik itu jantan atau betina, kalo mau membeli, bawalah gelatik jantan yang udah dewas, kemudian dekatkan ke gelatik yang mau dibeli untuk ngetes itu jantan atau betina. Kalau pas didekatkan gelatik jantannya memegarkan sayap sambil berkicau (seperti merayu) maka gelatik yang di sangkar lain adalah betina. Jika gelatik tidak menunjukkan tanda tanda atau biasa saja, bisa dipastikan itu adalah gelatik jantan muda.
Mari kita tangkarkan gelatik dan mengembalikan suasana masa lalu.

1 komentar:

  1. bagaimana bos,ternakan glatik batu apakah sudah berhasil..???saya juga mau mencoba ternak burung glatik batu boz...oh iya bos kalau ada anakannya aku bisa pesan bos...???

    BalasHapus